Sekolah Jubilee Selenggarakan Virtual Graduation

Jakarta, LINK—Suatu berkah bahwa Sekolah Jubilee telah dengan sukses menyelenggarakan Virtual Graduation pada masa pandemi Covid-19. Keenam unit sekolah, dari Early Childhood Program (ECP) Jubilee, Full English-Primary (FE-P) Jubilee, SD Jubilee, SMP Jubilee, hingga SMA Jubilee dan Full English-Secondary (FE-S) telah secara tuntas menyelenggarakan Virtual Graduation.

Hal ini tak lepas dari kerja keras Jubilee Command Center (JCC) dalam menyiapkan, menyiarkan, serta mendokumentasikan Virtual Graduation perdana secara live melalui platform Zoom dan YouTube. JCC diketuai Ms Marcella Jonazh dengan Ketua Pelaksana Mr Mustari Taqim serta dukungan dari Jubilee Media Center (JMC) dan IT Jubilee, serta dua operator Mr Effatta Cahyono dan Mr Sofyan Alti. JCC juga membangun kerja sama dengan unit-unit untuk berlatih dan meyiapkan teknis acara secara live. Kerja sama ini patut mendapat acungan jempol, menjadi spirit yang terus menyala dari Sekolah Jubilee berupa “Harmony in Diversity” yang terus berkobar di tengah wabah pandemi Corona. Dimulai dengan SMP Jubilee pada tanggal 5 Juni 2020, disusul SMA Jubilee dan ECP Jubilee pada 12 Juni 2020 dan unit SD Jubilee, FE-Secondary, dan FE-Primary pada 15 Juni 2020.

Mr Dr Ali Heyder, Ketua Yayasan Citra Bangsa Mulia – Sekolah Jubilee, dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam perjalanan sebuah peradaban selalu terdapat sebuah revolusi baik pemikiran, sosial, budaya, politik, Pendidikan, dan sebagainya. Perubahan terakhir sebelum ini adalah sebuah revolusi informasi digital, hal tersebut membuat terciptanya sebuah teknologi yang mempermudah kita dalam berkomunikasi, di mana media sosial adalah turunan dari revolusi tersebut. “Berbeda dengan revolusi sebelumnya yang merupakan sebuah pilihan rasional, perubahan kali ini tidak memberikan pilihan selain dari apa yang telah kita jalani bersama selama beberapa bulan terakhir ini, di mana Sekolah Jubilee dihadapkan pada pilihan yang tidak ideal selama masa pandemi,” kata Mr Ali Heyder.

“Pembelajaran jarak jauh bukanlah hal yang mudah bagi segenap sivitas akademika Sekolah Jubilee, untuk itu saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya khususnya kepada orang tua siswa yang telah aktif membantu dan mendampingi putra-putrinya selama proses pembelajaran,” lanjut Mr Ali. “Kejadian ini mengingatkan kita bahwa variabel utama dalam pendidikan adalah keluarga, sekolah hanyalah rumah kedua. Mengutip perkatan Gary Busey, “Pray for the best, prepare for the worst”, karena belum bisa dipastikan kapan pandemi ini akan berakhir, kita dituntut untuk membuat sebuah platform yang lebih nyaman dan kompatibel. Sekali lagi selamat untuk kalian semua, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melindungi kita semua,” demikian Mr Ali mengakhiri kata sambutannya.

Virtual Graduation Dari ECP hingga SMA Jubilee

SMP Jubilee mendapat giliran pertama untuk menyelenggarakan Virtual Graduation (VG). VG SMP Jubilee berlangsung pukul 08.00-09.00 WIB pada 5 Juni 2020 dari ruang kendali di MPR 6. Dengan MC Mr Mukhlis Prihartono & Ms Nerni Wahyu Ningsih mengambil tema VG “Into Something New”. Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya & Mars Jubilee, Ni Luh Putu Livina Prad dan Jessica Tara Susilo (kelas 7) menyanyikan lagu Ibu Pertiwi. Lalu, diteruskan dengan sambutan Mr Mohammad Cholid Riza selaku Kepala Sekolah SMP Jubilee, kemudian diikuti sambutan Ibu Su Kiang, orang tua dari Alcia Liaw mewakili para orang tua. Selanjutnya tayangan profil pimpinan, guru-guru SMP Jubilee, dan staf. Lalu dilanjutkan dengan sambutan Pengawas DKI Ibu Reminna Sibagariang, M.Pd. Diteruskan sambutan dari Ketua Yayasan Citra Bangsa Mulia – Sekolah Jubilee, Mr Dr Ali Heyder. Kemudian Jane Claudia menyanyikan lagi Indonesia Jaya disusul lagu Of Two Heart oleh Patrick Barwin dan Catherine, tayangan video Farewell Gathering di Cibogo, lagu See You Again oleh Catherine, Jane Claudia, Gde, dan Dayan. Pembacaan the Graduates’ Speech oleh Florence, Aurelia Choris, Dimas Prasetio, dan Chaterine dalam 4 bahasa: Mandarin, Arab, English, dan Indonesia, dilanjutkan ikrar siswa oleh Marcellino. Puncak acara VG diisi dengan pemberian sertifikat kelulusan secara simbolis oleh Mr Chilod diikuti seluruh orang tua di rumah dengan menggeser tasel pada toga ke kanan, kemudian kedua orang tua seluruh wisudawan memberi pelukan sebagai ungkapan bahagia dan syukur. Mr Rudy Bun mengumumkan Highest Academic Achivements kepada 1. Aurelia Khoris. 2. Jesslyn Wu. 3. Reynard Christian Wilson. Non-Academic Achievements kepada Glenn Patrick Barwin. Impressive Behaviour and Personality untuk Alicia Liauw. VG SMP 2020 ditutup dengan doa oleh Mr Alexander Banus.

Pada tanggal 12 Juni 2020 pukul 08.00 – 09.00 WIB SMA Jubilee giliran SMA Jubilee untuk selenggarakan VG. Disiarkan secara langsung dari ruang Command Center di MPR 6, Mr Muksin Sibarani dan Ms Lisa Junianti membawakan acara VG hingga tuntas. Dengan mengambil tema Follow Your Dream & Create Your Adventure acara berlangsung lancar, baik Zoom maupun YouTube Channel Jubilee School. Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Jubilee VG SMA Jubilee dilanjutkan dengan sambutan Kepala Sekolah SMA Jubilee, Ms Syuyarti, penayangan video profil guru dan staf SMA Jubilee, sambutan Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Ibu Hj. Nahdiana M. Pd. yang diwakili oleh Dr Mohammad Hussain, diteruskan dengan video kegiatan siswa-siswa selama 3 tahun di Sekolah Jubilee. Kemudian, sambutan mewakili orang tua murid oleh Ibu dr. Indira Noor Dini, orang tua dari Eric Fahed Faza, sambutan Ketua Yayasan Citra Bangsa Mulia – Sekolah Jubilee, Mr Dr Ali Heyder, sambutan wali kelas 12 Mr Yosa Yogaswara, Mr Muksin Sibarani, dan Ms Christina. Kemudian persembahan dari para wisudawan meliputi lagu Indonesia Pusaka dinyanyikan oleh Roswin Dingenus dan Bramanthya Amandus Adam Tefilla, penyampaian kesan dan pesan dalam bahasa Inggris oleh Brian Joseph Keyrupan. Dilanjutkan dengan masa-masa indah tak terlupakan yang terangkum dalam lagu Semua Cinta oleh Winona Victoria Lotama dan Selvia Angelica, pembacaan sambutan dalam bahasa Mandarin oleh Valesca Winton, pembacaan ikrar siswa oleh Eric Fahed Faza. Acara puncak penyerahan sertifikat kelulusan secara simbolik kepada siswa oleh Ms Syuyarti diikuti penyerahan sertifikat oleh orang tua kepada putra putri mereka di rumah, diteruskan dengan peluk cium untuk papa mama sebagai rasa syukur kepada Tuhan YME dengan foto zoom bersama, dilanjutkan dengan tayangan slide para wisudawan. Ms Ni Made Parwati mengumumkan siswa terbaik bidang akademik; jurusan IPA (Science) diraih Nathan Chang, jurusan IPS (Commerce) Valesca Linton, dan Bidang nonakademik Eilgo Samuel Jastianno Patuitan. VG kemudian dilanjutkan dengan persembahan lagu I Have a Dream oleh Jessica, dan ditutup dengan doa oleh Mr Yosa Yogaswara.

Mengusung tema Shine Like Star dengan MC Ms Fransisca Ristanto dan Ms Tanti Kusuma Wardani, VG Early Childhood Program (ECP) Jubilee berlangsung pukul 13.00 – 14.00 WIB usai VG SMA Jubilee. Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Jubilee, acara diikuti dengan pembacaan doa oleh Ms Vesia Sri Astuti. Lalu disusul persembahan lagu Seperti Bintang oleh Kanaya Lathisa Hernawan, sambutan Ms Marcella Jonazh selaku Principal, sambutan orang tua diwakili Mr I Putu Wisnu dan beberapa orang tua mewakili orang tua wisudawan, penayangan video cita-cita dan harapan siswa-siswa sesudah pandemi Covid-19, sambutan Mr Dr Ali Heider, Ketua Yayasan Citra Bangsa Mulia, kemudian lagu spesial dari siswa-siswa K2; Ready to Go, Gan Xie, dan Di Mata Mama dan Papa Ada Bintang yang mengekspresikan kesiapan mereka menuju jenjang pendidikan selanjutnya, pengharapan terhadap orang tua, guru-guru dan teman serta lagu bagi papa mama atas cinta abadi mereka. Persembahan video toga wisudawan, diteruskan dengan Ms Marcella Jonazh dan Ms Ratih Damayanti memberikan sertifikat kelulusan secara simbolis diikuti oleh orang tua di rumah masing-masing, lalu diabadikan dengan cuplikan layar Zoom. Acara ditutup dengan video testimoni principal, supervisor dan guru-guru.

Hari ketiga rangkaian VG Sekolah Jubilee berlangsung pada 15 Juni 2020 oleh tiga unit; SD Jubilee, FE-Secondary, dan FE- Primary. Tepat pukul 8.00 pagi VG SD Jubilee dimulai. Dengan wisudawan berjumlah 41 siswa, VG mengusung tema We are the Future of Indonesia dan MC dibawakan oleh Ms Nuansa Rasmasari dan Ms Bong Jova. VG diawali dengan lagu Indonesia Raya dan Mars Jubilee dilanjutkan dengan sambutan Ms Jeanny Cahyana selaku Kepala Sekolah SD Jubilee dilanjut dengan sambutan Bapak Andhi Yuss orang tua dari Maxine Gladstone Yuss mewakili orang tua wisudawan. Disusul dengan sambutan Dr Ali Heyder, Ketua Yayasan Citra Bangsa Mulia – Sekolah Jubilee. Ms Jeanny kemudian menyerahkan sertifikat kelulusan kepada wisudawan yang diwakilkan oleh para orang tua di rumah masing-masing dengan memindahkan tali tasel pada toga ke sebelah kanan. Lalu, dengan iringan musik oleh Mr Robinson Pasaribu & Mr Redyanis Modo lagu Kebyar-kebyar dinyanyikan oleh Larasati, Shang Hong Min dan Maxine, dilanjutkan dengan sambutan siswa-siswa dalam tiga bahasa; Bahasa Indonesia, Inggris, dan Mandarin. Alyssa Layton kemudian menyampaikan kesan dan pesannya yang ia didedikasikan kepada orang tua dan guru, disusul dengan lagu Terbaik Untukmu yang dinyanyikan oleh Kayleen, Cindy, dan Davin. Selanjutnya, sambutan Selvia Nadia sebagai ungkapan terima kasih murid kepada guru-guru diikuti persembahan lagu Believing in Me oleh Catherine Sherina, Darren Suganda, dan Maxine. Lalu sambutan kepada teman-teman oleh Patrick Stanley diikuti photo slides memori hari-hari selama mereka membina persahabatan di SD Jubilee menjadi “Forever Friends”. Ms Mely Imam kemudian mengumumkan peringkat lulusan terbaik; 1. Alyssa Layton. 2. Kayleen Anaya Atmaja. 3. Shang Hong Min. Pencapaian nilai akademik tertinggi pada ujian parktik dan akhir juga jatuh kepada Alyssa Layton, kemudian diiringi cuplikan layar Zoom bersama seluruh wisudawan. Sekitar pukul 9:00 WIB VG SD Jubilee ditutup dengan doa oleh Ms Hartini.

Selanjutnya pada hari yang sama, giliran Full English-Secondary (FE-S) Jubilee selenggarakan VG pada pukul 13.00-14.00 WIB dengan tema Believe You Can and You Are Halfway There. Mr Aloysius Algin Sangki dan Ms Muchelle Thomas menjadi pembawa acara pada VG yang mewisuda 39 siswa (24 siswa jurusan Science dan 15 siswa jurusan Commerce). Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Jubilee dilanjutkan doa oleh Mr Aloysius Sangki, lalu sambutan Principal FE-S Mr Sai Kiran Gandhi. Kemudian sambutan Mrs Natalita Purnama orang tua dari Charissa Christy Wirija, mewakili orang tua siswa grade 12, dilanjutkan dengan sambutan Ketua Yayasan Citra Bangsa Mulia, Mr Dr Ali Heyder, lalu janji siswa oleh Ricardo Felix Liujaya. Dilanjutkan dengan lagu Rayuan Pulau Kelapa dan Best Day of My Life oleh siswa-siswa grade 12, kata sambutan siswa-siswa dalam tiga bahasa: Inggris, Mandarin, dan Indonesia oleh Noreen Falisha, Charissa Christy Wirija, dan Felicia Anastasia Jonathan. Selanjutnya, penayangan video profil guru dan staf dan para wisudawan. Tibalah acara puncak Mr Kiran memimpin acara pemindahan tali tasel dan penyerahan sertifikatkelulusan yang diikuti oleh para orang tua terhadap para wisudawan di rumah mereka masing-masing, saling memeluk tanda kasih sayang yang hangat dan diabadikan dalam cuplikan layar Zoom diiringi lagu Terima Kasih Cinta. Ms Fitria, Supervisor FE-S mengumumkan pencapaian tertinggi jurusan Science: Denis Huang, jurusan Commerce: Ricardo Felix Liujaya. Inspiring students 2020: 1. Felicia Anastacia Jonathan. 2. Jason Mathew Aldianto. Selanjutnya, VG FE-S ditutup dengan penayangan video Janji Yah yang amat mengharukan.

Full English-Primary (FE-P) Jubilee menutup rangkaian acara VG Sekolah Jubilee pada pukul 16.00 – 17.00 WIB dengan tema You Only Fail When You Stop Trying dengan MC Ms Leonita dan Ms Marla. Memulai acara dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Jubilee, VG kemudian dilanjutkan dengan penayangan video profil 28 wisudawan Tahun Ajaran 2019-2020 saat mengenakan dan saat setelah baju toga mereka pakai didampingi oleh orang tua mereka. Kemudian, persembahan lagu Best Day of My Life oleh Eugenea De Sade Basia, dilanjutkan dengan sambutan Principal FE-P Jubilee Ms Santhyaswari Prihandini, sambutan Mr Ageng Purwanto mewakili orang tua wisudawan disusul persembahan lagu Somewhere Over the Rainbow oleh Seika Sana Arsyi, Sambutan Ketua Yayasan Citra Bangsa Mulia, Dr Ali Heyder, disusul persembahan lagu Diru Diru Nina dari Papua dan Manuk Dadali dari Jawa Barat oleh seluruh wisudawan. Lalu, sambutan mewakili wisudawan dalam tiga bahasa Mandarin, Inggris, dan Bahasa Indonesia oleh Kayla Nathania Aviero Chang, Gwendelyn Senjaya, dan Nicholas Albern Hendargo. Kemudian Ms Shanty memimpin penyerahan sertifikat kelulusan kepada para wisudawan, diikuti penyerahan sertifikat juga oleh orang tua di rumah masing-masing serta pemindahan tasel pada toga wisudawan dilanjutkan dengan cuplikan layar Zoom bersama para wisudawan. Setelahnya, acara ditutup dengan penampilan terakhir berupa persembahan lagu Terbaik Untukmu dan ditutup dengan doa oleh Mr Kadek Subiksa. (Ab/JMC)

Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
Please feel free to contact us.
We will provide you with the assistance you need.
Call Now: (021) 65 300 300 Email: info@jubilee-jkt.sch.id
WhatsApp: 0813 1938 1717, 0813 1938 1818, 0813 1938 1919

JUBILEE SCHOOL

© 2017 by Jubilee School

  • Facebook
  • Twitter
  • YouTube
  • Instagram