Jangan Pernah Bosan Menjadi Orang Baik

November 21, 2017

Jakarta, LINK—Dengan mengusung tema ‘Colorful Jubilee School’, Keluarga Besar Sekolah Jubilee pada 20 November 2017 merayakan ulang tahun Sekolah Jubilee yang ke-18 dengan upacara bendera di Lapangan Bola Basket Jubilee. Peringatan hari jadi Sekolah Jubilee itu juga bersamaan dengan ulang tahun Ibu Ida Farida, pendiri Sekolah Jubilee sekaligus Ketua Harian Yayasan Citra Bangsa Mulia (YCBM). Upacara kali ini terbilang istimewa lantaran para petugas upacara bukan siswa. Pemimpin upacara oleh Bapak Haris Rahim - Sekretaris YCBM dan petugas upacara lainnya dari jajaran YCBM, principals, supervisors, guru-guru, dan unit pendukung.  Hadir sebagai peserta upacara Pembina Yayasan Citra Bangsa Mulia – Bapak Ibrahim Abdullah, segenap dewan guru, siswa-siswa Sekolah Jubilee, staf, dan karyawan Sekolah Jubilee.

 

 

Mr Ali Heyder, Ketua Yayasan Citra Bangsa Mulia yang  menjadi pembina  upacara menegaskan bahwa sebagai manusia, setiap orang memiliki proses menuju kematangan, tahun-tahun yang berlalu merupakan indikator sebuah keberhasilan dalam tata kelola sebuah institusi, hal ini merupakan hasil kerja kolektif dari semua stakeholder. Untuk itu, perayaan ini adalah perayaan bersama, baik bagi yang saat ini masih bersama kita, maupun yang sudah meninggalkan kita. “Semoga Tuhan Yang Maha Pengasih menerima mereka di sisi-Nya,” ucap Mr Ali Heyder.

 

“Apapun yang terjadi, jangan pernah bosan menjadi orang baik. Kita tidak memilih dari suku apa kita dilahirkan, dari keluarga siapa, bahkan kita tidak memilih apakah mau dilahirkan atau tidak. Tuhan telah menakdirkan kita untuk berada dalam sebuah bangsa yang memiliki keanekaragaman yang begitu besar, dan keberagaman mampu menciptakan komposisi orkestra musik yang indah. Harmony in Diversity adalah sebuah ideologi yang telah disuarakan bahkan saat sekolah ini masih menjadi konsep, dan tagline tersebut adalah sebuah nilai yang tak bisa ditawar di lingkungan ini. Kita memilih merayakan dengan patriotisme tanpa hedonisme; larut dalam pesta hura-hura. Sense of crisis  juga merupakan capaian tersendiri yang bisa kita hadirkan,” kata Mr Ali penuh semangat. 

 

Perkataan Mr Ali Heyder  ‘apapun yang terjadi, jangan pernah bosan menjadi orang baik’, seakan menjadi kredo bagi semangat baru Sekolah Jubilee untuk selalu berbuat baik. Visi Kebangsaan dari Pak Ibrahim, Spiritualitas Kasih dari Ibu Ida, serta  terobosan-terobosan pendidikan dari guru-guru dan stakeholder  Sekolah Jubilee adalah kebaikan-kebaikan yang abadi. 

 

 

 

 

Setelah amanat dari pembina upacara, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu  “Mars Jubilee” oleh seluruh hadirin, dilanjutkan dengan persembahan lagu “Selamat Ulang Tahun” oleh siswa-siswa perwakilan seluruh unit Sekolah Jubilee yang diikuti oleh segenap hadirin. Ms Lulu Alwan kemudian memimpin acara pelepasan 18 burung merpati oleh pengurus Yayasan Citra Bangsa Mulia dan para Kepala Sekolah, melambangkan 18 tahun usia Sekolah Jubilee. Acara dilanjutkan dengan  pemotongan tumpeng yang  yang dilakukan Bapak Ibrahim Abdullah dan diserahkan kepada Mr Ali Heyder dan Bapak Haris Rahim.

 

Ucapan HUT dan Lomba Kreativitas Siswa  

 

Setelah belajar sejenak, siswa-siswa turut merayakan HUT  ke-18 Sekolah Jubilee  dengan berbagai  kegiatan dan aneka lomba. Siswa-siswa Early Childhood Program (ECP) Jubilee berkumpul di depan lobi  Sekolah Jubilee, mengundang Ibu Ida Farida untuk hadir dan mendengarkan lagu ‘Selamat Ulang Tahun’ dan ‘Lagu untuk Ibu’ yang masing-masing  dinyanyikan oleh Bhadrika Fayola Huang (K2-Dazzling Dolphin) & Kanaya Latisha Hermawan (N-Cheerful Cat), diikuti seluruh siswa ECP. Setelah itu, Ms Marcella Jonazh, Principal ECP Jubilee menyerahkan kumpulan cap tangan dari siswa-siswa ECP sebagai tanda cinta kepada Ibu Ida dan Sekolah Jubilee. Selanjutnya, siswa-siswa ECP berjalan mengelilingi Sekolah Jubilee.  

 

Unit SD Jubilee membuat Pohon Harapan; kartu-kartu ucapan yang dibuat oleh siswa kelas 1- 4 SD Jubilee dan digantungkan di beberapa pohon hias di unit. Sedangkan siswa kelas 5-6 SD membuat Mozaik Ulang Tahun dari kertas origami. Secara khusus, guru-guru SD Jubilee memberikan bingkisan ulang tahun dan ucapan selamat ulang tahun. Unit Full English Primary mengadakan lomba Mading Antar-Kelas, Grades 1-3 dan Grades 4-6. 

 

SMP Jubilee mengadakan Choir, Menulis, dan Membaca Puisi, Surat Apresiasi kepada Sekolah Jubilee serta Menghias Kue Ulang Tahun Sekolah Jubilee. Pemenang lomba Menulis & Membaca Puisi secara berurutan adalah Florenza Kurniawan (9A), Alicia Liaw (7A) dan Keyla Dyah Zonani Uls (8A). Lomba Surat Apresiasi secara berurutan dimenangkan oleh Aurelia Khoris (7A), Kania Stephanie G (9A), dan Marcellino Asanudin (7B). Lomba Choir lagu “Mars Jubilee” secara berurutan dimenangkan oleh Kelas 7A, Kelas 7B dan Kelas 9B. Sedangkan lomba Menghias Kue Ulang Tahun secara berurutan dimenangkan oleh Kelas 7B, Kelas 7A, dan Kelas 8B.

 

Unit Full English Secondary mengadakan Kuis ‘Ibulaga’ yang dimenangkan oleh Grade 10A. Sedangkan SMA Jubilee mengadakan lomba Baca Puisi dalam bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Mandarin. Lomba menulis dan membaca puisi dimenangkan oleh Michael Christian Aditya (Sem. 1 IPA A) untuk puisi berbahasa Indonesia, Sheren Phang (Sem. 5 IPA Int.) untuk puisi berbahasa Inggris, dan Lacynthea Wiloepo (Sem. 5 IPS) untuk puisi berbahasa Mandarin.

 

Rangkaian kegiatan Ulang Tahun Sekolah Jubilee ke-18 dan Ibu Ida Farida ditutup dengan acara makan siang bersama yang diisi dengan kata sambutan oleh Bapak Haris Rahim, pemberian ucapan selamat ulang tahun kepada Ibu Ida Farida, dan ditutup dengan doa oleh Ibu Wiwiek Widiarti.  Acara berlangsung di Hall lantai 8 yang juga dihadiri oleh Bapak Yohanes Jemakir,  seluruh principal dan supervisor, unit pendukung, guru-guru, dan staf. (Ab/fth/JMC)

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Vaksinansi Campak Boster Siswa Kelas 1 FE-P & SD Jubilee

August 25, 2019

1/7
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive