Bina Pribadi: Menjadi Anak yang Bertanggung Jawab

September 21, 2017

Jakarta, LINK—Dalam kerangka membangun karakter siswa Sekolah Jubilee, selama dua hari, 18 September – 19 September 2017, unit Bimbingan dan Konseling Sekolah Jubilee menggelar kegiatan Bina Pribadi yang bertema “Aku Anak yang Bertanggung Jawab”, bagi siswa-siswa Kelas 3 A dan 3B SD Jubilee (18/9) dan FEP Primary (19/9), berlangsung dari pukul 7.30 – 13.45 WIB di Ruang Multi Purpose Room lantai 2, Gedung Sekolah Jubilee. Hadir pula Ms Shantyaswari Prihandini - Principal FE Primary, Mr Donald Soetardjo, Laoshi Uindah Steffani, dan Mr Arfan Arbaeni mendampingi siswa-siswa sepanjang acara Bina Pribadi.

 

Ibu Wiwiek Widiarti, koordinator unit Bimbingan & Konseling Sekolah Jubilee memulai kegiatan dengan kegiatan relaksasi, meditasi dan berdoa agar pelaksanaan Bina Pribadi bisa berjalan lancar dan baik. Sambil mengantar siswa ke dalam pemahaman tentang pentingnya tanggung jawab, menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan hal-hal apa saja sebagai anak yang bertanggung jawab.

Mr Yohannes Guritno, koordinator unit Pengembangan Karakter Siswa Jubilee mengajak siswa-siswa bermain matematika dengan ‘pengalian-penjumlahan-pembagian’dalam membentuk kelompok, dengan wanita bernilai 100 dan laki-laki bernilai 50. Lalu Mr Guritno menyebut 200, 300, 350 atau 400, terbentuklah variasi berbagai kelompok dan siswa-siswa yang tak mendapatkan kelompok. Nampak lah siswa-siswa yang penuh inisiatif, aktif dan bertanggung jawab, tapi ada juga satu-dua yang masih terlihat pasif.

 

Bu Wiewiek lalu membagi seluruh siswa SD Jubilee (48 siswa) dan FE Primary (28 siswa) lalu dibagi menjadi 6 kelompok. Untuk menggali dan memantapkan pemahaman siswa, kepada siswa lalu diajukan 6 pertanyaan mengenai pendapat dan pengalaman siswa tentang tanggung jawab, di kelas-sekolah-lingkungan keluarga- lingkungan masyarakat. Setiap anak diminta menuliskannya di kertas ‘post it’, lalu setiap kelompok diminta membuat ‘ringkasan dan kesimpulan’ (summary) dari hasil pendapat anggota kelompoknya. Usai reses I (9.00-9.30 WIB), Mr Guritno membahas satu persatu bersama siswa-siswa hasil ‘summary’ yang telah ditulis masing-masing kelompok, tanggung jawab di kelas, di lingkungan sekolah, dan di masyarakat.

 

 

 

 

 

Usai reses II (11.00-11.30 WIB), dilanjutkan dengan kegiatan menonton film musik “Be Responsible” dengan sekaligus menuliskan lirik lagunya. Setelah menonton 2 lagu tentang tanggung jawab menjaga diri, kegiatan ‘Ekspresi Kreatif’ memuncaki aktivitas Bina Pribadi “Aku Anak yang Bertanggung Jawab” dengan menuliskan kesan yang mendalam tentang materi tanggung jawab dan menggambar semenarik mungkin. Refleksi penutup yang dibimbing Ibu Wiwiek Widiarti mengakhiri kegiatan Bina Pribadi yang sangat inspiratif. (Ab/fth/JMC)

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Featured Posts

Vaksinansi Campak Boster Siswa Kelas 1 FE-P & SD Jubilee

August 25, 2019

1/7
Please reload

Recent Posts
Please reload

Archive